Minggu, 24 Januari 2010

Posted by Crew Our World

Baru aja Crew Our World posting berita tentang hacker, ternyata masih ada juga berita seputar itu, tapi kali ini kejadiannya di negara kita sendiri. Kalo yang ini sih, namanya "maling canggih", bayangin aja mereka meng-hack data2 para nasabah Bank, dan kemudian dengan sistem yang canggih berbekal komputer dan alat lainnya, mampu mengeruk rupiah dari dalam rekening korban.

Ya......OW mania benar, berita ini tentang pembobolan ATM, kasus yang baru2 ini menggemparkan seluruh jagat raya nusantara dari sabang sampai merauke.
Berawal mencuat ke permukaan, dari laporan seorang nasabah Bank yang berada di Bali, hingga detik ini merembet ke sejumlah kota2 lainnya di Indonesia. Ga tanggung2 OW mania, hingga saat ini yang telah dilaporkan oleh nasabah Bank, kerugian telah mencapai 5 milyard. 

Dari informasi yang Crew Our World dapatkan, alat2 yang di gunakan oleh pelaku adalah sebagai berikut :


1. Skimer ATM :
Gunanya untuk mencegah kartu ATM tidak berfungsi, karena lubang tempat masuk kartu udah di beri sejenis kartu penjepit, jadi korban tidak akan bisa mengeluarkan kartu ATM-nya.






                                         
2. Stiker Pengaduan Palsu :
Tampilannya seperti itu, tapi bagian nomer untuk pengaduan yang di bikin palsu, dengan memberikan nomer pelaku, yang berpura2 sebagai Customer Service Bank, itu kenapa kejahatan seperti ini, ga mungkin di lakukan oleh satu orang.







3. CCTV :
Alat perekam, berupa video camera, otomatis bentuknya lebih kecil dari gambar. Bisa di tempatkan di mana saja, yang terpenting camera ini bisa "mengabadikan" momen di saat nasabah memasukan nomer PIN ATM-nya. 








4. Alat Pengganda Kartu ATM/Kartu Kredit :
Alat ini untuk bikin kartu ATM/kartu Kredit palsu, yang gunanya untuk di pake mengambil uang nasabah, dengan data2 yang telah di miliki.






Kemungkinan besar, masih banyak alat2 yang di pake untuk melakukan kejahatan dengan modus seperti ini, tapi biarlah polisi yang menyelidiki. Crew Our World ga boleh menyalahi kode etik jurnalistik yang ada.

Beberapa Bank dengan nasabah yang menjadi korban pembobolan uang mereka memberikan tips aman bagi nasabahnya yang ingin bertransaksi lewat ATM machine.
Berikut tips aman untuk menghindari kejahatan pembobolan data2 nasabah yang telah di rangkum oleh Crew Our World :

1. Hindari bertransaksi di ATM yang sepi, apalagi tanpa adanya CCTV.
2. Setelah Anda bertransaksi, masukkan kembali kartu ATM Anda, dan masukkan PIN asal-asalan untuk mengecoh apabila data2 Anda telah terekam.
3. Sering2 untuk mengganti nomer PIN.
4. Tutupi dengan tangan apabila Anda sedang memasukkan nomer PIN, agar CCTV tidak bisa merekam "aktifitas" Anda. Atau untuk menghalau penglihatan orang yang antri di belakang Anda.
5, Jangan menulis nomer PIN Anda di kertas, apalagi sampai menyimpan kertas itu di dompet Anda.
6. Jangan pernah memberi tahu nomer PIN Anda kepada siapapun, termasuk petugas Bank.

Mungkin hanya itu saja, tips aman dari Crew Our World, mudah2an bermanfaat.

Oh ya...dikarenakan modus kejahatan ini menggunakan data2 Anda yang telah di dapat dari penggunaan Anda di mesin ATM, atau Merchant2 lainnya dengan cara debet credit. Ada baiknya Anda menyimak beberapa hal berikut ini :

1. Mengambil uang lewat Bank, atau Teller...Jadi Anda ga perlu repot untuk "berhati-hati" dalam bertindak, atau takut data2 Anda di bobol.
2. Ga usah bikin ATM, karena udah banyak contohnya yang mengalami "krisis" keuangan, ATM hanya akan "menguras" uang kita, karena mudahnya mengambil uang tiap saat, lewat ATM machineBedanya, yang ngambil uang adalah kita sendiri.
3. Pikir-pikir dahulu untuk bikin kartu kredit, kartu kredit hanya akan membuat kita pusing, apalagi kalo udah jatuh tempo pembayaran.
4. Ga usah menabung, dalam artian uang yang kita punya langsung di investasikan, bisa berupa emas, ataupun deposit.
5. Ga usah punya uang banyak, uang banyak hanya akan membuat kita berpikir cara menyimpan yang paling aman, sedangkan di dunia ini, tidak ada satu tempat-pun yang aman bagi uang.

Gunakan pemikiran OW mania, berpikirlah positif, dan selalu berhemat.
Oh ya? hampir lupa, sudahkah OW mania mengecek saldo rekeningnya ? Mudah2an ga ada yang membobol....Amin.

0 comments:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama Untuk Komentar
Karena Pertama Selalu Yang Terbaik
Jadilah Yang Pertama dan Yang Terbaik
Karena Anda Adalah Komentar Pertama dan Komentar Terbaik

 
Template Design By:
SkinCorner